Pengalaman baru: menjadi anggota IT Steering Committee

Tertanggal mulai 30 Mei 2012, saya menjadi anggota IT Steering Committee dari pihak eksternal di salah satu BUMN transportasi. Ini merupakan pengalaman pertama, dan sekaligus tantangan untuk membumikan teori-teori dalam berbagai buku, framework dan standar tentang IT Strategy Committee atau IT Steering Committee.

Secara garis besar pekerjaannya adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan masukan tentang agenda-agenda penting yang harus diambil keputusan pada pertemuan reguler IT Steering Committee. Untuk tahapan kritis saat ini, pertemuan tersebut bisa per bulan atau per 2 bulan.
  2. Membantu “working group” untuk menyiapkan bahan-bahan yang akan dibawa dalam pertemuan ITSC tersebut. Kajian di sini dikerjakan secara remote dengan tim internal mereka. Topiknya bisa sangat bermacam-macam, tergantung dengan setting agenda yang telah ditetapkan di depan.
  3. Ikut menghadiri rapat ITSC dan sekaligus memberikan pendapat tentang pembahasan agenda, misalnya tentang alternatif-alternatif solusi yang bisa diambil.

Rasanya memang setengah konsultan dan setengah klien. Tantangan terbesar adalah bagaimana bisa merasakan apa yang terjadi seperti mereka merasakan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: